penyebab-anak-laki-laki-lambat-bicara

Anak Laki-Laki Cenderung Lambat Bicara, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak

Setiap orang tua tentu berbahagia jika si kecil mulai berbicara. Namun, ketika anak berusia 2 tahun dan belum bisa berbicara, kita seringkali khawatir tentang perkembangannya. Terlebih ketika kita membandingkan si kecil dengan anak lain seusianya. 

Namun, perlu setiap orang tua ketahui bahwa anak memiliki perkembangannya tersendiri, termasuk dalam kemampuan berbicara. Bahkan, menurut beberapa studi, anak laki-laki cenderung telat untuk menguasai kemampuan berbicara daripada anak perempuan.

Lantas, apa penyebab anak laki-laki lambat bicara daripada anak perempuan? Lalu, bagaimana mengatasi keterlambatan kemampuan berbicara pada anak? Untuk mengetahui selengkapnya, cek informasi di bawah ini!

Beda Kemampuan Bicara Anak Laki-Laki dan Perempuan

Memang ada perbedaan kemampuan yang dimiliki anak laki-laki dan perempuan. Anak perempuan cenderung lebih cepat untuk memahami bahasa, sehingga mereka lebih mudah untuk berkomunikasi. 

Hal itu dipaparkan oleh penelitian Hyde dan Linn (1988), anak perempuan cenderung mampu menghasilkan 100 kata pada usia 16 bulan, sedangkan anak laki-laki sangat terbatas sekitar 30 kata. 

Ini bisa disebabkan karena anak laki-laki cenderung menyukai permainan non-komunikatif, seperti konstruksi atau kendaraan. Mereka begitu mudah untuk dibiarkan sendiri. Sedangkan, anak perempuan memiliki kepekaan lebih besar terhadap suara manusia, mereka akan meniru dan merespon dari suara tersebut.

Namun, apabila AyBun masih bingung terhadap perkembangan berbicara anak laki-lakinya,  ada tolak ukur atau milestones yang setidaknya harus dicapai di usia tertentu. Berikut adalah rekomendasi milestones berbicara dari American Speech-Language Association (ASHA):

Lahir – 3 Bulan

  • Membuat ocehan
  • Tangisan berbeda di setiap keinginan
  • Senyum ketika melihat orang

4 – 6 Bulan

  • Mengoceh ketika bermain sendiri atau bersama AyBun
  • Membuat ocehan kata, seperti pa, ba dan mi
  • Tertawa dan cekikikan
  • Membuat suara ketika senang ataupun kesal

7 Bulan – 1 Tahun

  • Mampu mengucapkan 1 atau 2 kata seperti papa atau mama
  • Menirukan berbagai jenis suara
  • Mengoceh panjang seperti mimi upup bababa
  • Dapat menggunakan gestur seperti “Dadah” atau menggelengkan kepala dan mengangguk

1 – 2 Tahun

  • Mampu menggunakan banyak kata baru
  • Bertanya beberapa hal, seperti “apa itu?” atau “siapa itu?”
  • Dapat menggunakan 2 kata secara bersamaan
  • Dapat berbicara tentang gambar di buku

2 – 3 Tahun

  • Anak bertanya tentang hal yang tidak ada di kamar
  • Anak mampu menanyakan “kenapa”
  • Dapat menyatukan 3 kata dalam satu kalimat untuk berbicara sesuatu Kemungkinan melakukan pengulangan pada beberapa kata atau suara

3 – 4 Tahun

  • Dapat menjawab beberapa pertanyaan simpel seperti Siapa, Apa dan Dimana
  • Dapat menggunakan panggilan seperti saya kamu, kami dan mereka
  • Menanyakan pertanyaan kapan dan dimana
  • Dapat menyatukan 4 kata bersamaan seperti “saya pergi ke sekolah”
  • Mampu mendeskripsikan harinya 

4 – 5 Tahun

  • Anak bisa berbicara berbagai bunyi di setiap kata
  • Merespon pertanyaan “apa yang kamu katakan tadi?”
  • Mengerti tulisan dan angka
  • Mampu menceritakan cerita pendek

Mengapa Anak Laki-Laki Cenderung Lambat Bisa Berbicara?

Ada beberapa penyebab anak laki-laki cenderung lambat berbicara. Mengutip dari WebMD, sekitar 15%–25% anak-anak memiliki gangguan komunikasi. Dengan anak laki-laki yang cenderung memiliki keterlambatan kemampuan berbahasa.

Ada beberapa alasan kenapa anak laki-laki terlambat berbicara. Ada yang berpendapat bahwa hormon testosteron pada laki-laki berhubungan dengan perkembangan bicara dan menyebabkan gangguan bicara. Akan tetapi, pendapat tersebut dibantah oleh riset lain. 

Namun, yang hanya anak laki-laki butuhkan adalah stimulasi yang lebih supaya mereka senang berbicara. AyBun dapat membantu mereka dengan memberikan stimulus dengan mengajak mereka bermain permainan eduaktif. 

Sementara itu, anak laki-laki akan tumbuh pesat ketika menginjak usia memasuki Taman Kanak-Kanak ataupun Sekolah Dasar. Kemampuan motorik kasar mereka dan fisik keseluruhan akan mengalahkan anak perempuan. 

Cara Mengatasi Anak Terlambat Berbicara

AyBun kini telah mengetahui alasan mengapa anak laki-laki terlambat berbicara. Ada beberapa cara untuk memberikan stimulus yang seru dan menyenangkan yang dapat meningkatkan kemampuan bicara anak. Berikut adalah caranya:

1. Berbicara dengan anak sepanjang hari

AyBun memiliki peran yang penting bagi perkembangan bicara si kecil. Untuk menstimulasi kemampuan bicara anak, yang paling utama adalah berbicara dengan anak sepanjang hari. Dari setelah tidur, memandikan, mengenakannya baju baju, saat bermain, makan, dan aktivitas lainnya.

2. Bermain bersama

Cara untuk mengatasi keterlambatan berbicara pada anak yang efektif adalah bermain bersama.  Bisa itu memainkan permainan edukasi seperti balok-balokan, puzzle, bricks, mainan profesi, dan lain sebagainya.

Sambil bermain, AyBun bisa berbicara atau menjelaskan tentang keseruan permainan tersebut. Adapun, cara lain yang efektif adalah sering membacakan anak sebuah dongeng atau buku, dengan ini si kecil akan memperbanyak kosa kata dan meningkatkan kemampuan mendengar. 

3. Memberikannya pujian

Memberikan pujian setelah si kecil berhasil melakukan sesuatu tak kalah penting. Apalagi AyBun memberikan pujian secara antusias, ini akan membuat mereka makin bersemangat untuk melakukan hal yang serupa. 

4. Berbicara dengan bahasa tubuh serta ekspresi

Ketika sedang melakukan aktivitas bersama si kecil, sebaiknya AyBun juga melakukan ekspresi atau bahasa tubuh agar si kecil mudah mengasosiasikan ekspresi dan bahasa tubuh ke tindakan, dengan ini dia akan mudah berkenalan dengan kata-kata.

Contohnya, seperti “Ayo kita tidur” sambil AyBun melelapkan kedua mata. Atau, “Ayo lepas sepatunya” sembari AyBun melepaskan sepatu si kecil. 

5. Membiasakan membuat narasi atau deskripsi

AyBun dapat membiasakan si kecil untuk menggunakan percakapan sehari-hari ketika mendeskripsikan sesuatu. Ini akan membantu si kecil memahami objek tertentu. Seperti saat anak mengenakan baju, cobalah untuk mendeskripsikan warna, motif atau gambar dari bajunya.

Contohnya, “Hari ini adik mengenakan baju spiderman berwarna merah, di tengahnya ada gambar laba-laba.”, sambil AyBun menunjuk bajunya.

Demikian informasi lengkap tentang penyebab anak laki-laki lambat bicara. Apakah si kecil mengalami terlambat bicara? AyBun lakukanlah stimulasi ekstra di atas agar anak kesayangan dapat berbicara lancar.

Apabila AyBun ingin informasi lebih lanjut tentang perkembangan bicara anak, konsultasi ke dokter perkembangan anak untuk mendapatkan saran yang tepat dari profesional.

Foto: Photo by PexelsSumber:

Hyde, J. S., & Linn, M. C. (1988). Gender differences in verbal ability: A meta-analysis. Psychological bulletin, 104(1), 53.

https://www.webmd.com/baby/features/helping-your-late-talking-children 

https://vocalsaints.co.nz/late-talking-boys-why-we-must-be-proactive-and-how/

https://www.aapd.org/research/oral-health-policies--recommendations/speech-and-language-milestones2/ 

Artikel Terkait

Lihat Semua