pmk-bayi

Manfaat PMK Bagi Bayi dan Cara Melakukannya

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Ganda Ilmana, Sp.A

Tahukah Ayah dan Bunda apa arti dari singkatan PMK? PMK adalah Perawatan Metode Kanguru (PMK) atau Kangaroo Mother Care (KMC). Perawatan ini dengan melakukan kontak langsung (skin-to-skin) antara kulit bayi dan AyBun yang dimulai sejak lahir.

Dengan melakukan PMK, bayi, khususnya bayi prematur atau dengan berat lahir rendah, akan mendapatkan kehangatan, perlindungan dari infeksi, stimulasi, keselamatan, dan kasih sayang yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang PMK di bawah ini!

Apa itu PMK (Perawatan Metode Kanguru)?

Perawatan Metode Kanguru (PMK) adalah metode perawatan yang dikembangkan untuk bayi dengan berat lahir rendah  (<2500 gram) dan bayi prematur. 

Metode ini melibatkan kontak kulit-ke-kulit antara bayi dan ibu, dengan bayi ditempatkan di dada ibu yang dibungkus dengan selimut. Adapun tujuannya adalah memberikan manfaat untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi, serta meningkatkan keterlibatan ibu dalam perawatan bayi. 

Sementara itu, Perawatan Metode Kanguru ini pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Rey dan Martinez di Kolombia pada tahun 1983. Pada saat itu, mereka menemukan bahwa banyak bayi baru lahir prematur yang harus dirawat di inkubator karena kondisi yang tidak stabil, meskipun mereka telah mengatasi masalah awal dan hanya perlu makan dan tumbuh.

Dr. Rey dan Martinez kemudian mencoba untuk mencari cara untuk menyediakan perawatan yang lebih baik dan alami untuk bayi prematur tersebut. Mereka kemudian menemukan bahwa metode perawatan yang menempatkan bayi langsung di dada ibu (skin-to-skin) dapat memberikan suhu tubuh yang stabil dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. 

Ini kemudian menjadi dasar dari PMK, dan sejak saat itu, PMK telah digunakan secara luas di seluruh dunia dan terus menjadi metode perawatan yang populer bagi bayi prematur dan dengan berat lahir rendah.

Setelah hampir dua dekade implementasi dan penelitian, PMK terbukti lebih dari sekadar alternatif perawatan inkubator belaka. PMK secara efektif memberikan banyak manfaat lainnya untuk perkembangan bayi.

Manfaat PMK bagi Bayi

PMK umumnya dilakukan untuk bayi baru lahir yang ditempatkan di dada Bunda tanpa busana, dengan kepalanya dimiringkan ke sisi kanan atau kiri. Metode ini bisa menjadi alternatif untuk inkubator dalam perawatan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR). 

Tidak hanya itu, metode perawatan ini juga merupakan bentuk inisiasi menyusui dini, bayi dibiarkan mencari puting susu ibunya sendiri akan berdampak meningkatkan keberhasilan pemberian ASI.

Selain menjadi alternatif inkubator dan menunjang kesuksesan ASI Eksklusif, PMK juga memberikan banyak manfaat lainnya untuk si Kecil. Berikut adalah beberapa manfaat Perawatan Metode Kanguru (PMK) bagi bayi:

1. Memberikan kontak kulit-ke-kulit antara bayi dan AyBun

PMK dapat menghangatkan bayi dengan suhu tubuh AyBun guna mencegah hipotermia. Hal ini karena suhu tubuh Ayah dan Bunda dapat menjadi thermoregulator bagi bayi.

2. Menurunkan angka kematian bayi baru lahir

Dengan PMK, Ayah dan Bunda dapat menurunkan angka kematian bayi baru lahir karena bayi dapat mendapatkan perawatan yang lebih intensif dan cepat.

3. Memudahkan pemberian ASI

Perawatan kanguru ini juga dapat memudahkan pemberian ASI pada bayi, karena bayi dapat menyusu dengan mudah dan cepat. Hal ini juga dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu.

4. Memberikan perlindungan dari infeksi

PMK memberikan perlindungan dari infeksi karena bayi berada dalam lingkungan yang lebih steril dan aman dibandingkan dengan lingkungan di luar ibu.

5. Meningkatkan bonding bayi dengan Ayah dan Bunda

Metode skin-to-skin yang dilakukan pada PMK dapat membantu meningkatkan bonding antara AyBun dan bayi dengan adanya kontak mata, sentuhan, dan kenyamanan dari ibu.

6. Menurunkan kejadian infeksi, penyakit berat, masalah menyusui dan ketidakpuasan ibu

Penerapan perawatan kanguru pada bayi ternyata juga dapat menurunkan kejadian infeksi, penyakit berat, hingga masalah menyusui dan ketidakpuasan ibu.

7. Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi

Yang terakhir, namun tidak kalah penting, PMK dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan memberikan perawatan yang lebih baik dan cepat, serta dapat meningkatkan kecerdasan emosional bayi.

Cara Melakukan PMK Bayi

Setelah mengetahui apa itu PMK dan manfaatnya untuk bayi, kini saatnya Ayah dan Bunda mengetahui bagaimana cara melakukan PMK yang tepat.

Berikut adalah tata laksana PMK:

  1. Bayi dibiarkan telanjang (hanya memakai popok, kaos kaki, dan topi).
  2. Pastikan posisi bayi tegak di atas dada Ayah atau Bunda dan ditopang dengan kain panjang/pengikat lainnya.
  3. Posisikan kepala bayi sedikit tengadah ke atas dan diarahkan ke sisi kanan/kiri.

Perawatan metode kanguru ini dapat dilakukan sesering mungkin dan bergantian oleh Ayah, Bunda, atau pengasuh lainnya. Misalnya:

  • saat istirahat dengan posisi Bunda terlentang; 
  • saat bersama Ayah di posisi duduk, setelah anak selesai menyusu dengan Bunda; 
  • atau saat Bunda sedang melakukan aktivitas rumah tangga.

Itu dia pembahasan tentang Perawatan Metode Kanguru (PMK) atau Kangaroo Mother Care (KMC) yang merupakan metode perawatan yang dikembangkan untuk bayi dengan berat lahir rendah dan bayi prematur. 

Dengan melakukan PMK, bayi dapat mendapatkan kehangatan, perlindungan, stimulasi, dan kasih sayang yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. PMK juga menjadi alternatif dari perawatan inkubator dan mampu meningkatkan kesuksesan dalam pemberian ASI eksklusif. 

Jangan lupa untuk meminta dukungan dan pendampingan dari petugas kesehatan yang berpengalaman dalam melakukan PMK agar dapat dilakukan dengan tepat ya AyBun!

Sumber:

Foto: www.pexels.com 

Sumber:

Buku KIA, Kemenkes 2020

https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/perawatan-metode-kanguru-pmk-meningkatkan-pemberian-asi

Ditinjau oleh:

dr. Ganda Ilmana, Sp.A

Artikel Terkait

Lihat Semua