tidakwajibpakaimasker

Indonesia Sudah Tidak Wajib Pakai Masker

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Tim Tentang Anak

Pandemi Covid-19 mengharuskan setiap orang mencegah penyebaran virus dengan protokol keseahatan salah atunya yaitu menggunakan masker. Namun, penggunaan masker kini sudah tidak menjadi kewajiban kata presiden Jokowi. 

Jokowi menyampaikan hal itu saat Rapat Kerja Nasional atau Rakernas pada Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Balikpapan, Kalimantan Timur. Dia mewajarkan apabila ada masyarakat yang menggunakan masker dianggap kurang sehat.

"Jadi kalau tadi Pak Gubernur Kaltim menyampaikan yang pakai masker itu dianggap agak sakit enggak salah, Pak Gubernur. Enggak salah," ujar Jokowi dalam sambutannya di Pembukaan Rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2023 di Ballroom Hotel Novotel, Balikpapan.

Menurutnya memang sebuah tantangan dan persoalan yang berat masa pandemi sudah dihadapi, tidak ada orang atau negara yang punya pengalaman menangani kasus pandemi Covid-19. Jokowi juga kembali mengingat saat Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mengubah-ubah peraturan mengenai pemakaian masker.

Presiden Jokowi menyatakan tidak mewajibkan penggunaan masker di luar dan di dalam ruangan menyusul dengan keputusan pemerintah mencabut status PPKM pada 30 Desember 2022. Jokowi juga mengatakan bila penggunaan masker di luar sudah tidak wajib, jika ada yang ingin mengunakan masker di dalam ruangan dipersilakan demi alasan kesehatan. Lalu, bagaimana penggunaan masker di kerumunan yang padat seperti kereta?

Lain halnya dengan kereta commuter line atau yang dikenal KRL, presiden masih mewajibkan penggunaan masker untuk setiap penumpang KRL. Pertimbangan KRL dan KAI masih mewajibkan yaitu atas dasar surat edaran perjalanan perkeretapian yang belum dicabut.

Menurut manager Humas Kereta Commuter Indonesia (KCI) surat edaran Nomor 57 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi, sehingga pihak KRL masih menerapkan aturan tersebut.

Nah, gimana Ayah Bunda mau jadi #timtetappakaimasker atau #timakhirnyalepasmasker ? Semua keputusan yang Ayah Bunda ambil perlu diperhatikan lagi pada kondisi kesehatan masing-masing ya, apabila mengalami kondisi yang kurang sehat sebaiknya tetap menggunakan masker. Jangan lupa penuhi dosis vaksinasi covid-19 untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Dapatkan lebih lanjut informasi mengenai covid-19 dengan menggunakan dan mengunduh aplikasi Tentang Anak!

Foto: Youtube Kompas TV

Sumber:

Youtube KOMPAS TV https://www.youtube.com/watch?v=bQIyp7MkjZ8

https://news.detik.com/berita/d-6584262/jokowi-di-luar-ruangan-sudah-tak-wajib-pakai-masker

Artikel Terkait

Lihat Semua