Vitamin untuk ibu hamil

5 Vitamin yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil Trimester 1

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Dinda Derda, Sp.OG

Selamat atas kehamilan Anda! Kabar bahagia ini perlu dijaga dengan menjaga kesehatan dan keselamatan Anda dan janin yang bakal tumbuh menjadi bayi. Pada awal kehamilan atau yang dikenal dengan fase trimester 1 yakni saat kandungan berusia 0-3 bulan bukan hal mudah untuk dilewati. Banyak perubahan yang membuat Anda mesti beradaptasi dengan kondisi kehamilan. 

Tidak boleh disepelekan, pada fase trimester satu diperlukan asupan makanan serta vitamin yang cukup demi kesehatan Anda dan sang buah hati, tentu juga dibarengi dengan pola makan teratur. 

Artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan wawasan dini terkait konsumsi vitamin untuk ibu hamil trimester 1 seperti: manfaat vitamin, vitamin apa saja yang diperlukan dan kapan harus mengkonsumsinya. Setelah membacanya, tentu sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mendapatkan nasihat terkait menu makanan bergizi seimbang dan vitamin yang menunjang wajib dilakukan pada awal kehamilan Anda. 

Manfaat Vitamin Bagi Ibu Hamil 

Ibu hamil penting mengkonsumsi vitamin prenatal untuk mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi yang sehat. Mengkonsumsi vitamin mengurangi risiko masalah pada perkembangan bayi di minggu-minggu awal kehamilan.

Berikut sejumlah manfaat mengkonsumsi vitamin bagi ibu hamil trimester 1: 

1. Membantu bayi lahir dengan fisik sempurna 

Mengonsumsi vitamin pada awal kehamilan membantu janin Anda berkembang dengan sempurna serta sehat. Sehingga pembentukan fisiknya juga semakin hari lengkap dan sempurna.  

2. Memberikan ketenangan 

Vitamin ibu hamil trimester 1 yang dikonsumsi juga memberikan perasaan tenang dan aman karena telah tercukupi kebutuhan nutrisi untuk dirinya dan calon buah hati. Selain itu mengkonsumsi vitamin juga bagian dari kepastian Anda mendapatkan kehamilan yang sehat. 

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Tidak hanya memberikan manfaat bagi ibu hamil, ibu hamil yang mengkonsumsi vitamin sejak hamil trimester 1 dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga ibu hamil dapat melindungi diri dari penyakit dan infeksi. 

4. Menjaga kesehatan ibu hamil 

Vitamin yang tepat membantu meningkatkan kesehatan ibu hamil, sehingga ibu dapat beraktivitas yang memberikan efek perasaan bahagia, dan ini bagus untuk kondisi calon bayi yang lahir dengan perasaan dicintai dan kebahagiaan. Ibu hamil yang sehat dan bahagia juga dapat mengurangi risiko anemia, preeklampsia, hingga kelahiran prematur.

5. Meningkatkan nafsu makan ibu 

Awal kehamilan kerap membuat ibu mual, sehingga enggan makan atau mengurangi makan. Bahkan pada beberapa kondisi, ibu menolak makan makanan tertentu. Kondisi tersebut bisa bantu diatasi dengan mengkonsumsi vitamin untuk menjaga nafsu makan ibu hamil pada trimester 1. 

Vitamin yang Dikonsumsi Ibu Hamil Trimester 1 

Saat trimester pertama kehamilan, penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi vitamin untuk memastikan mereka mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkan serta calon bayi tumbuh sehat. Berikut jenis vitamin yang kerap direkomendasikan untuk dikonsumsi selama trimester pertama:

1. Asam folat 

Asam folat sangat penting untuk perkembangan tabung saraf janin Anda. Asam folat bermanfaat untuk membentuk otak dan sumsum tulang belakang bayi. Sedangkan bagi ibu hamil, asam folat berfungsi untuk memenuhi kebutuhan sel darah di awal kehamilan. 

Kebutuhan ibu hamil pada asam folat berkisar antara 400-800 mikrogram per hari, tentu ini disesuaikan dan dianjurkan oleh dokter sesuai dengan kondisi kesehatan sang ibu.

2. Zat besi 

Zat besi penting untuk pembentukan sel darah merah dan untuk transfer oksigen ke bayi. Serta mendapatkan nutrisi yang cukup bagi perkembangan bayi Anda. Bagi sang ibu hamil, mengkonsumsi zat besi pada trimester 1 dapat mengurangi risiko kematian karena pendarahan saat melahirkan. Wanita hamil harus berusaha mendapatkan 27 miligram zat besi per hari. 

3. Kalsium 

Perkembangan tulang dan gigi calon bayi sangat bergantung pada kecukupan kalsium dari makanan yang diasup ibunya. Selain itu, kebutuhan kalsium yang terpenuhi bagi calon bayi dapat menyempurnakan perkembangan otot, hati dan saraf. Oleh karena itu ibu hamil perlu mendapatkan 1.000 miligram kalsium per hari.

4. Vitamin D 

Proses perkembangan janin dan pembentukan fisik yang sempurna dari waktu ke waktu ternyata dipengaruhi dari cukupnya ibu hamil mengkonsumsi vitamin D. Selain fungsinya untuk

penyerapan kalsium dan atas perkembangan tulang dan gigi bayi, sehingga vitamin D memainkan peranan penting bagi perkembangan saraf bayi yang optimal. Konsumsi atas vitamin D disarankan antara 600-800 IU per hari.

5. Vitamin B6 

Pada kehamilan trimester 1, ibu sering mengalami morning sickness atau muntah juga mual yang berdampak pada selera atau nafsu makan. Mengatasi hal tersebut, solusi yang bisa dilakukan dengan mengasup vitamin B6 yang berfungsi juga untuk menjaga kadar gula dalam tubuh. Sedangkan untuk janin, ibu hamil yang mengonsumsi Vitamin B6 membantu perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Oleh karena itu, idealnya ibu hamil mengonsumsi 1,9 milligram vitamin B6 per hari.

Waktu yang Baik Mengkonsumsi Vitamin

Setelah mengetahui dan memahami tentang manfaat mengkonsumsi vitamin, dan Anda tergerak untuk mengkonsumsinya sejak sekarang maka informasi tentang waktu yang baik mengkonsumsinya perlu juga Anda ketahui. Berikut ini pembahasannya. 

Mengkonsumsi vitamin hamil sangat dianjurkan setelah Anda memeriksakan kehamilan pertama di dokter atau tenaga kesehatan. Artinya, sejak minggu pertama kehamilan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin tentunya dengan masukan dari dokter atau tenaga kesehatan. 

Jadwal dan dosis mengkonsumsi vitamin juga harus berdasarkan anjuran dokter, dan tentu waktu paling baik mengkonsumsinya adalah setelah makan baik itu sarapan atau makan siang. 


Foto: Freepik

Sumber: 

https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/vitamins-supplements-and-nutrition/ 

https://www.virginiabeachobgyn.com/blog/10-benefits-of-prenatal-vitamins/

https://promkes.kemkes.go.id/pentingnya-konsumsi-tablet-fe-bagi-ibu-hamil#:~:text=Manfaat%20Zat%20Besi%20(Fe)&text=Menambah%20asupan%20nutrisi%20pada,karena%20pendarahan%20pada%20saat%20persalinan

Artikel Terkait

Lihat Semua