Bayi Mandi

Bayi Mandi pakai Air Dingin Lebih Sehat, Benarkah?

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Ganda Ilmana, Sp.A

Apa benar mandi air dingin bikin bayi jadi lebih sehat? Mitos ya AyBun, faktanya, bayi masih belum memiliki kemampuan mengatur suhu tubuh atau termoregulasi yang baik, sehingga jika dimandikan dengan air dingin akan cepat kehilangan panas tubuh dan menyebabkan dia mudah menggigil

Menurut anjuran IDAI, suhu air optimal untuk bayi mandi adalah sekitar 37 C, dilakukan dalam ruangan suhu >25 C dengan durasi tidak lebih dari 5 menit.

Yang Dibutuhkan saat Bayi Mandi

Suhu air yang digunakan untuk memandikan bayi perlu diperhatikan baik-baik. Pastikan, suhu air untuk mandi bayi ada di antara 37-38 derajat Celcius. Jika sulit mengukurnya, pastikan saja suhunya tidak terlalu panas, tapi juga tidak terlalu dingin, cukup suam-suam kuku. Suhu air yang tepat bisa membuat bayi lebih nyaman dan rileks.

Jika suhu yang diberikan terlalu panas dapat berisiko terjadinya luka bakar dalam hitungan detik, lho!

Luka bakar bisa terjadi dalam hitungan detik jika air mandi terlalu panas. Banyak luka bakar terjadi di kamar mandi ketika:

  • Anak ditempatkan di pemandian air panas yang berbahaya
  • Anak sudah berada di dalam air dan meletakkan tangan atau kakinya di bawah air panas yang mengalir
  • Air di bak mandinya belum diputar, jadi ada bagian yang panas dan dingin
  • Anak-anak menyalakan keran sendiri.

Berikut beberapa tip sederhana untuk mencegah luka bakar saat mandi:

  • Periksa suhu bak mandi menggunakan termometer. Anda juga dapat menguji suhunya dengan memasukkan lengan Anda ke dalamnya. Jika kulit Anda memerah, berarti airnya terlalu panas untuk anak Anda.
  • Pastikan air yang keluar dari keran Anda bersuhu maksimum 50°C. Ini adalah suhu dengan risiko rendah terjadinya luka bakar. Bicaralah dengan produsen pemanas Anda, pemasok gas lokal, tukang ledeng atau tukang gas tentang perangkat pengatur suhu untuk sistem air panas Anda.
  • Pasang perangkat anti-melepuh pada keran dan saluran keluar pancuran. Ini tersedia di toko perangkat keras dan produk keselamatan.
  • Pertimbangkan keran yang tahan terhadap anak-anak atau pelindung keran di bak mandi.
  • Nyalakan air dingin terlebih dahulu , lalu air panas untuk mendapatkan suhu mandi yang tepat untuk anak Anda. Saat mematikan air, matikan air panas terlebih dahulu agar air dingin dapat mengalir melalui keran dan mendinginkannya.

Penggunaan Sabun dan Sampo Bayi

Dianjurkan bayi mandi setiap hari dengan suhu ruangan >25°C, suhu air 37°C dan tidak lebih dari 5 menit. Gunakan sabun bayi ringan yang sesuai dengan pH netral kulit (5,5) dengan kandungan parfum dan pewarna yang seminimal mungkin untuk menghindari reaksi sensitisasi. 

Bahan di dalam sabun juga harus diperhatikan ya AyBun. Jangan memakai sabun baik dengan antiseptik (fenol, kresol), deodoran (triklosan, heksaklorofen) maupun sabun yang mengandung detergen seperti sodium lauryl sulphate (SLS) yang dapat menimbulkan iritasi maupun sodium laureth sulphate (SLES) yang beracun bila terserap kulit si kecil.

Bahan-bahan tersebut pada sabun dan sampo bayi umumnya mengandung beberapa jenis surfaktan sebagai bahan pembersih. Untuk sampo, pilihlah bahan surfaktan yang aman untuk mata seperti cocamidopropyl betaine atau natrium lauril propinat.

Selain itu, penggunaan pelembab dianjurkan sejak bayi baru lahir, hal ini karena pelembab berfungsi untuk mencegah kulit kering dan memperbaiki barier kulit yang rusak.

Gunakan pelembab berbentuk krim tanpa parfum. Aplikasikan pelembab minimal 2x sehari setelah mandi atau lebih sering bila cuaca dingin, kering atau bayi mengalami eksema. 

AyBun bisa gunakan produk pelembab dari Expert Care dengan langsung membeli di aplikasi Tentang Anak, yuk klik link ini!



Foto: Freepik

Sumber:

https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memilih-produk-kulit-untuk-si-kecil
https://raisingchildren.net.au/newborns/safety/bath-water-safety/bath-temperature#:~:text=A%20safe%20bath%20temperature%20for,your%20child%20into%20the%20bath

Artikel Terkait

Lihat Semua