Penggunaan Tespek

Cara Menggunakan Tespek untuk Pemula, Hasil Akurat & Cepat!

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Tim Tentang Anak

Bagi perempuan yang sedang menjalani program hamil, mendeteksi kehamilan sejak dini sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental calon ibu dan janin. Selain memberikan waktu yang cukup bagi tindakan medis lanjutan, semakin dini deteksi kehamilan, maka calon ibu juga punya waktu yang lebih untuk menyiapkan mental dan emosionalnya.

Oleh karena itu, wajib bagi Anda yang sedang menanti momongan untuk mengetahui dan memahami cara menggunakan tespek yang benar. Nah, bagi Anda yang sedang mencari tahu cara menggunakan tespek untuk hasil yang lebih akurat, di artikel ini Anda akan menemukan cara menggunakan tespek serta waktu yang tepat untuk melakukan tes. Selain itu terdapat juga panduan untuk membaca hasil tes kehamilan serta jenis jenis tespek yang tersedia di pasaran. Yuk, simak artikelnya lebih lanjut!

Cara Menggunakan Tespek untuk Menguji Kehamilan

Tespek adalah salah satu alat untuk mendeteksi kehamilan. Tespek bekerja dengan mendeteksi Human Chorionic  Gonadotropin (HCG) yang dihasilkan manusia saat sedang hamil. Pada umumnya, tingkat HCG mulai meningkat setelah sel telur yang dibuahi menempel pada rahim atau sekitar enam hingga 10 hari setelah sperma membuahi sel telur di tuba falopi.

Menggunakan tespek untuk menguji kehamilan juga dapat dilakukan sendiri di rumah. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

  1. Siapkan tespek dan cangkir plastik sebagai wadah urin,
  2. Tampung air kencing pada wadah tersebut dan tuangkan beberapa tetes pada tespek,
  3. Anda juga dapat merendam tespek tersebut di wadah yang sudah diisi urin. Pastikan untuk tidak melewati garis batas.
  4. Tunggu selama beberapa menit sesuai instruksi pada kemasan. Biasanya, waktu yang diperlukan untuk mendapatkan hasil tes adalah sekitar 3 hingga 5 menit.
  5. Baca hasil tes dan ulangi tahapan ini beberapa hari kemudian untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Cara Membaca Tespek

Biasanya, hasil tes dinyatakan dalam bentuk garis atau simbol pada strip tes. Dua garis pada tespek menandakan hasil tes positif. Artinya, pengguna tespek sedang dalam keadaan hamil. Sebaliknya, jika hanya muncul satu garis maka hasil tes negatif atau pengguna tespek tidak dalam keadaan hamil.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Tespek?

Sejumlah merek tespek mengklaim jika produknya dapat mendeteksi kehamilan sejak dini, bahkan sebelum hari pertama pengguna mengalami keterlambatan menstruasi. Namun, Mayo Clinic, sebuah organisasi kesehatan non profit asal Amerika Serikat, seperti dikutip dari laman resminya menjelaskan bahwa hasil tespek akan akurat jika tes dilakukan sehari setelah keterlambatan menstruasi. Alasannya karena saat proses implantasi atau menempelnya ovum yang telah dibuahi pada dinding rahim terjadi, plasenta yang membuat hormon HCG,  mulai terbentuk. Jika menginginkan hasil yang lebih akurat lagi, lakukan tes setelah Anda melewatkan satu periode menstruasi atau sekitar empat hingga 7 hari.

Produsen tespek juga merekomendasikan pengguna untuk memakai tespek di pagi hari atau saat buang air kecil pertama kali. Alasannya karena kadar hormon hCG paling tinggi saat pagi hari. Untuk hasil yang paling akurat, hindari penggunaan tespek di sore hari.

Jenis-Jenis Tespek 

Bagi Anda yang berencana membeli tespek, saat ini terdapat sejumlah jenis tespek yang dapat dibeli dengan bebas secara offline di apotek maupun toko online. Berikut adalah jenis jenis tespek yang dapat Anda beli.

  • Tespek Strip

Jenis tespek ini menggunakan strip berisi reagen atau pereaksi kimia yang bereaksi terhadap hCG atau hormon kehamilan dalam urin.

  • Tespek Digital

Tespek digital bekerja dengan cara yang sama seperti tespek strip. Namun, pada tespek digital, hasil tes kehamilan ditampilkan secara digital di layar melalui tulisan "hamil" atau "tidak hamil".

Kesalahan dalam Menggunakan Tespek

Perlu Anda ketahui bahwa tidak sedikit orang yang mendapatkan hasil kurang akurat saat menggunakan tespek. Alasan yang paling sering ditemui adalah karena tidak menggunakan tespek dengan benar. Nah, berikut ini adalah sejumlah kesalahan dalam melakukan tespek yang harus Anda hindari:

  1. Melakukan Tes Terlalu Cepat

Hasil tespek cenderung tidak akyrat jika dilakukan terlalu dini, yaitu sebelum hormon kehamilan, hCG, cukup terkonsentrasi dalam urin. Seperti dijelaskan di atas, penggunaan tespek yang direkomendasikan adalah setelah 7 hari.

  1. Terlalu Cepat Membaca Hasil

Waktu yang tepat untuk membaca hasil tespek biasanya tertera di kemasan atau petunjuk penggunaan. Jangan membaca hasil terlalu cepat atau terlalu lambat, karena hal ini dapat mengakibatkan kesalahan dalam interpretasi hasil.

  1. Tespek Sudah Kadaluarsa

Pastikan untuk selalu memeriksa tanggal kadaluarsa sebelum membeli dan menggunakan tespek. Tespek yang sudah kadaluarsa cenderung memberikan hasil yang tidak akurat.

Foto: Designed by freepik

Sumber:

https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9703-pregnancy-tests

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/home-pregnancy-tests/art-20047940

Artikel Terkait

Lihat Semua