cara-menghitung-usia-kehamilan

Bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Benar?

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Darrell Fernando, Sp.OG

Kelahiran buah hati tentu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para calon orang tua. Namun, selain menghitung hari menuju kelahiran, sangat penting bagi calon ayah dan ibu untuk mengetahui berapa usia kehamilan sang buah hati.

Usia kehamilan bisa menjadi pedoman untuk menentukan apakah si buah hati tumbuh seperti yang diharapkan, kapan ibu harus melakukan pemeriksaan prenatal tertentu, dan kapan HPL bayi. Oleh sebab itu, usia kehamilan harus dihitung secara akurat agar orang tua atau dokter dapat memantau pertumbuhan janin dan memaksimalkan perawatan yang dibutuhkan. 

Namun, tidak sedikit dari ibu hamil atau calon orang tua yang masih bingung dan bahkan tidak mengetahui bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang benar. Dalam dunia kebidanan, setidaknya ada dua cara menghitung usia kehamilan yang umum digunakan, yakni menggunakan rumus HPHT dan Ultrasonografi (USG). Tanpa berlama lagi, yuk simak penjelasannya!

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Rumus HPHT

HPHT adalah singkatan dari Hari Pertama Haid Terakhir. Artinya, usia kehamilan akan dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir ibu dengan asumsi pembuahan terjadi pada hari ke-14 dalam siklus haid. Adapun tingkat kesalahannya sekitar 2 minggu.

Untuk menghitung usia kehamilan dengan rumus HPHT, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kapan HPHT ibu dari calon bayi. Kemudian Anda dapat mengikuti rumus HPHT berikut untuk menentukan hari perkiraan lahir (HPL) bayi:

  • Hari: +7
  • Bulan: - 3
  • Tahun: +1

Namun, apabila HPHT berada di bulan Januari hingga Maret, maka Anda bisa menggunakan rumus berikut:

  • Hari: +7
  • Bulan: +9
  • Tahun: +0

1. Contoh Menghitung Usia Kehamilan dengan Rumus HPHT Januari-Maret

Misalnya HPHT pada tanggal 5 Maret 2022, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Hari: 5 + 7 = 14

Bulan: 3 + 9 = 12

Tahun:  2022 + 0 = 2022

Dengan demikian, hari perkiraan lahir bayi pada tanggal 14-12-2022 atau 14 Desember 2022.

2. Contoh Menghitung Usia Kehamilan dengan Rumus HPHT April-Desember

Misalnya HPHT pada tanggal 21 Juli 2022, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Hari: 21 + 7 = 28

Bulan: 7 - 3 = 4

Tahun:  2022 + 1 = 2023

Dengan demikian, hari perkiraan lahir bayi pada tanggal 28-04-2023 atau 28 April 2023.

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan USG

Jika Bunda lupa mencatat tanggal HPHT ataupun haid tidak lancar, Bunda tidak perlu khawatir. Usia kehamilan tetap dapat diketahui secara akurat dengan mengunjungi dokter kandungan dan melakukan USG trimester 1 pada 10-13 minggu. Perhitungan usia kehamilan dengan USG trimester 1 adalah yang paling akurat dengan tingkat kesalahan kurang dari 5 hari.

Proses USG sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu transvaginal dan transabdominal. USG transvaginal dilakukan pada masa awal kehamilan dengan menggunakan sebuah alat yang dimasukkan ke dalam vagina. Sementara USG transabdominal dilakukan pada usia trimester kehamilan lanjut dengan menggunakan alat yang ditempelkan ke perut ibu.

Selain dapat digunakan untuk mengecek usia kandungan, USG juga dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana pertumbuhan calon buah hati. Namun, pertumbuhan setiap janin bisa berbeda-beda. Di mana pertumbuhan bisa berjalan cepat di bulan tertentu dan melambat di bulan berikutnya. 

Oleh sebab itu, pemeriksaan USG yang dilakukan di trimester akhir tidak ditujukan untuk menentukan usia janin, tetapi untuk memantau apakah janin yang ada di perut ibu tumbuh dengan baik.

Perbandingan Perhitungan Usia Kehamilan Menggunakan Rumus HPHT dan USG

Meskipun sama-sama bertujuan untuk mengetahui usia kehamilan, namun hasil perhitungan keduanya bisa jadi tidak sama. Mengingat, kedua cara tersebut memiliki kondisi yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Namun demikian Bunda tidak perlu khawatir, karena dokter kandungan akan terus memantau perkembangan si calon buah hati dan akan memberi tahu kapan waktunya si kecil akan lahir. Untuk itu, sangat penting bagi Bunda untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin ke dokter kandungan.

Kapan Perut Bunda Mulai Terlihat Hamil/Membesar?

Perut ibu hamil akan mulai membesar pada usia kehamilan ke-20 minggu. Umumnya pada waktu ini tinggi rahim akan setinggi pusar ibu. Untuk lebih jelasnya, Anda juga dapat melihat tabel usia kehamilan berikut ini:

Trimester

Bulan

Minggu



1

1

1-4

2

5-8

3

9-13



2

4

14-17

5

18-21

6

22-26



3

7

27-30

8

31-35

9

36-40

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Mengetahui usia kehamilan memang sangat penting, tapi jangan sampai Bunda lupa untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Mengingat, perubahan fisik dan hormonal bisa membuat Bunda menjadi mudah kelelahan dan mengalami mual-mual.

Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan yang perlu dilakukan ibu saat hamil:

  1. Kontrol kandungan secara rutin dan sesuai jadwal 
  2. Penuhi kebutuhan kalori harian
  3. Kurangi asupan makanan yang berminyak dan yang diawetkan
  4. Konsumsi air mineral 8-10 gelas per hari
  5. Konsumsi vitamin sesuai anjuran dokter
  6. Lakukan olahraga ringan
  7. Hindari aktivitas berat
  8. Cegah paparan rokok dan alkohol
  9. Pastikan hanya minum obat yang disetujui dokter
  10. Jaga kebersihan diri

Itu dia cara menghitung usia kehamilan yang bisa calon ibu dan ayah lakukan sambil menanti sang buah hati lahir ke dunia. Selain mengetahui usia kehamilan, sangat penting bagi calon orang tua untuk menjaga kesehatan Bunda dan janinnya. Jadi, pastikan Anda juga memperhatikan kesehatan ibu dan bayi ya!

Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan kehamilan Bunda secara rutin ke dokter kandungan.

Foto: Photo by pexels

Sumber:

https://www.nhs.uk/pregnancy/week-by-week/1-to-12/1-2-3-weeks/ https://www.nhs.uk/pregnancy/finding-out/due-date-calculator/

Ditinjau oleh:

dr. Darrell Fernando, Sp.OG

Artikel Terkait

Lihat Semua