Kehamilan

Ciri Bayi Sehat Dalam Kandungan Usia 8 bulan

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Dinda Derda, SpOG

Tanpa terasa usia kandungan Bunda memasuki bulan terakhir kehamilan. Pada usia kandungan delapan bulan, Bunda mulai semakin nyaman dan terbiasa dengan perubahan tubuh serta gerak aktif yang ditimbulkan si kecil dalam perut. 

Waktu kontrol atau cek kehamilan juga semakin rutin sebagai bagian dari persiapan kelahiran, dan untuk mengetahui kondisi bayi kesehatan dalam kandungan. Ciri-ciri bayi sehat dalam kandungan usia delapan bulan dapat terlihat dari kesehatan sang ibu, dan dari bayi itu sendiri. Fisik bayi sehat akan terlihat saat dilakukan pemeriksaan USG serta gerakan aktif yang dilakukan bayi di dalam perut. 

Artikel ini akan membahas ciri bayi sehat dalam kandungan usia delapan bulan baik dan bagaimana cara menjaga kesehatannya sampai lahir serta nutrisi yang dibutuhkan bayi delapan bulan dalam kandungan. Berikut informasi yang tidak boleh Bunda lewatkan.

Ciri Bayi Sehat Dalam Kandungan 

Masuk usia kandungan delapan bulan atau 32 minggu pertumbuhan janin semakin besar, hal tersebut terlihat dari perut sang ibu karena bertambahnya berat badan bayi. Bobot badan bayi yang naik menjadi salah satu ciri bayi sehat dalam kandungan tubuh. 

Selain itu, gerakan bayi dalam kandungan semakin sering dirasakan ibu pada perutnya. Masih banyak lagi ciri yang menunjukkan bayi sehat dalam kandungan sebagai berikut: 

1. Berat Badan dan Panjang Bayi Dalam Kandungan 

Normalnya bayi dalam kandungan setiap bulan akan mengalami pertumbuhan berat badan mencapai antara 1,8 kilogram hingga 2,7 kilogram. Sejalan dengan itu, panjang bayi juga mengalami kenaikan dari 40 cm pada usia tujuh bulan menjadi 44 cm pada usia delapan bulan. 

2. Gerakan Semakin Aktif 

Atraksi bayi Bunda dalam kandungan semakin tinggi lewat tendangan di dalam perut Bunda. Gerakan yang semakin aktif menunjukkan perkembangan otak si kecil dalam kandungan berkembang pesat. Jangan ragu untuk mengajak buah hati Bunda untuk berbicara, karena ia mendengar apa yang diucapkan meski masih di dalam kandungan. 

3. Denyut Jantung Bayi 

Pada usia delapan bulan dalam kandungan, denyut jantung bayi akan semakin stabil berkisar antara 110-160 denyut per menit. Hal ini dapat diketahui dengan pemeriksaan USG. 

4. Organ Tubuh Bayi 

Waktu yang semakin dekat dengan kelahiran akan membuat organ tubuh bayi juga semakin lengkap dan fungsional. Pada usia delapan bulan dalam kandungan akan terlihat semakin jelas kedua tangan dan kaki lengkap dengan jari-jarinya, kepala, bibir, mata, telinga, bentuk tubuhnya hingga rambut. 

5. Jumlah Air Ketuban 

Fungsi air ketuban untuk melindungi dan menopang janin dalam rahim dari goncangan, perkembangan tungkai, otot, paru-paru, hingga sistem pencernaan. Normalnya pada usia kandungan delapan bulan, jumlah air ketuban sebanyak satu liter hingga nanti mencapai 1,2 liter ketika hendak melahirkan.

Menjaga Kesehatan Janin Delapan Bulan  

Dalam waktu satu bulan, bayi Bunda akan lahir ke dunia dan tentu harapan terbaik utamanya kesehatan Bunda harapkan untuk sang buah hati. Menanti hari tersebut datang, Bunda perlu melakukan persiapan kesehatan lebih cermat lagi dengan cara berikut ini: 

1. Berlatih Pernapasan 

Olahraga ringan yang melatih pernapasan sangat disarankan untuk dilakukan. Fungsinya untuk melatih napas Bunda saat hari kelahiran tiba. Ini berguna juga untuk mengurangi rasa sesak akibat semakin besarnya bobot badan Bunda bersama dengan bayi. 

2. Asup Makanan Sehat 

Diet gula saat menjelang persalinan sangat disarankan demi kesehatan ibu dan bayi. Usahakan dengan mengonsumsi banyak buah dan sayuran berwarna, biji-bijian, makanan kaya kalsium dan makanan rendah lemak jenuh.

3. Tetap Terhidrasi  

Kebutuhan air ibu hamil lebih banyak air dibandingkan sebelum hamil. Pastikan minum delapan cangkir atau lebih setiap harinya. 

4. Usahakan Tidak Stress 

Kelola stress dan rasa cemas dengan memperbanyak ibadah dan berdoa, bergabung dalam komunitas ibu dan anak dapat membantu Bunda mendapatkan wawasan tentang kehamilan dan kelahiran. 

5. Tidur Cukup 

Usahakan untuk tidur tujuh hingga sembilan jam dalam sehari, dan pastikan tidur miring ke kiri untuk meningkatkan aliran darah dan mencegah sesak ketika tidur. Tidur cukup membuat Bunda lebih segar dan bahagia. 

Nutrisi yang Dibutuhkan Bayi Dalam Kandungan 8 Bulan

Usia kandungan delapan bulan adalah masa dimana janin semakin kuat dan bersiap untuk kelahiran. Oleh karena itu pola makan ibu hamil pada periode ini sangat penting untuk kebutuhan nutrisi jadi lebih tinggi. 

Berikut ini nutrisi yang diperlukan ibu hamil saat kandungannya genap mencapai delapan bulan: 

1. Kalsium 

Fungsinya untuk membantu tulang dan gigi janin berkembang lebih baik. Kalsium bisa didapatkan dari asupan makanan: susu, kacang almond, udang, ikan salmon, susu hingga sayuran hijau seperti brokoli atau pakcoy. 

2. Zat Besi 

Dibutuhkan sebagai persiapan untuk kelahiran karena saat melahirkan akan banyak darah yang dikeluarkan. Oleh karena itu, Bunda harus mulai menabung zat besi dengan mengasup makanan dari: daging sapi, daging ayam, ikan, telur, tahu, tempe, buah jeruk, juga sayur bayam. 

3. Karbohidrat 

Bunda masih membutuhkan karbohidrat untuk kebutuhan energi Bunda dan bayi dalam kandungan. Apabila kekurangan karbohidrat akan berdampak pada pertumbuhan bayi dan kesehatan, konsumsi dengan takaran yang tidak berlebihan dari: nasi, roti gandum atau kentang. 

4. Protein 

Konsumsi protein sekitar 75 – 100 gram protein setiap hari di bulan ke-8 kehamilan yang berasal dari: kacang-kacangan, sumber hewani, dan produk susu. Fungsi protein untuk perkembangan sistem saraf pada bayi.  

5. DHA 

Pesatnya pertumbuhan saraf dan otak bayi Bunda terjadi pada usia delapan bulan dalam kandungan, dan untuk memenuhinya dibutuhkan makanan yang mengandung DHA. Bunda bisa mendapatkannya dari makanan seperti: ikan tuna, dan minyak ikan. 

Mengonsumsi makanan sehat dengan porsi yang tepat sangat penting di fase akhir kehamilan. Oleh karena itu, pastikan makanan bergizi, sehat dan bersih selalu Bunda asup dan diskusikan dengan dokter atau ahli kesehatan atas makanan yang konsumsi. 

Foto: Freepik

Sumber: 

https://brighamhealthhub.org/12-ways-to-stay-healthy-during-pregnancy/

https://www.invitra.com/en/8-months-pregnant/

https://www.aboutkidshealth.ca/Article?contentid=326&language=English

Artikel Terkait

Lihat Semua