Tangan Anak

Hindari Menggandeng Tangan Anak Seperti Ini!

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A

Menggandeng anak bila tidak dengan cara yang tepat bisa menyebabkan nursemaid’s elbow yaitu kondisi ligamen siku yang berubah akibar hentakan kuat mendadak. Kondisi ini seringkali terjadi saat nurse/maid pengasuh berusaha mengamankan si Kecil dari bahaya dengan menarik tangannya secara tiba-tiba hingga terjadi cedera. 

Cedera juga dapat terjadi selama bermain ketika seorang teman atau anggota keluarga yang lebih tua mengayunkan seorang anak hanya dengan memegang lengan atau tangan.   wiNursemaid’s elbow jarang disebabkan oleh jatuh. Jika seorang anak melukai siku saat jatuh dengan tangan terulur atau langsung ke siku, itu mungkin patah tulang daripada nursemaid’s elbow.

Ternyata cedera paling sering terjadi pada anak di bawah 5 tahun karena tulang yang menghubungkan lengan atas dan lengan bawah belum kuat. Gejala tersering nursemaid’s elbow  anak akan langsung menangis karena nyeri dan tidak mau menggerakkan sikunya sama sekali, dan Anak akan menahan tangannya di satu posisi. Lalu, apakah ada gejala lainnya? Simak di bawah ini

Gejala Nursemaid’s Elbow

  • Nyeri langsung di lengan dan siku yang cedera, dan terkadang nyeri di pergelangan tangan dan/atau bahu
  • Penolakan atau ketidakmampuan untuk menggerakkan lengan yang cedera
  • Memegang lengan diam dan lurus di samping mereka, mungkin dengan siku sedikit ditekuk dan tangan diputar ke arah tubuh

Nursemaid’s elbow bisa terasa nyeri, tetapi biasanya tidak ada memar atau bengkak. Jika anak Anda sakit parah, mereka mungkin mengalami patah tulang.

Penyebab nursemaid’s elbow untuk menarik lengan anak tiba-tiba, menghentak lengan anak, mengayunkan anak pada pergelangan tangan, dan jatuh dengan lengan terulur.

3 Langkah Cegah Nursemaid’s Elbow

Sebelum terjadinya cedera da 3 langkah yang dapat Ayah Bunda lakukan sebagai berikut

1. Tidak Menarik Lengan Bawah

Jika Ayah Bunda hendak menjaga atau mencegah anak dari hal yang berbahaya di sekitarnya jangan tarik lengan bagian bawah anak.

2. Hindari Mengayunkan Berlebihan

Bermain dengan anak memang merupakan hal yang menyenangkan, tetapi bila dilakukan berlebihan misalnya menganyun-ayun anak bisa saja berdampak pada hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Sangga Tubuh Anak di Bawah Lengah

Untuk mengangkat anak dengan aman, pegang dengan lembut di bawah lengan. Jangan mengangkat anak dengan memegang tangan atau lengannya.

Nah, jadi sudah tahu kan Bunda betapa fatalnya jika menarik lengan anak dengan mendadak atau sembarangan. Jika terlanjur maka segera hubungi dokter anak atau langsung bawakan ia ke dokter orthopedi ya. 

Buat Ayah Bunda yang masih bingung atau kewalahan mendampingin anak? Yuk, manfaatkan juga fitur-fitur di aplikasi Tentang Anak untuk menjawab semua pertanyaan Ayah Bunda mulai dari parenting, perencanaan keuangan, hingga belanja kebutuhan keluarga, tunggu apalagi unduh sekarang aplikasinya!

Foto: Designed by freepik

Sumber: Healthy Children & Royal Children Hospital, Melbourne

Artikel Terkait

Lihat Semua