Sayuran Ibu Hamil

Jenis Sayuran yang Harus Dihindari Ibu Hamil

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Dinda Derda, Sp.OG

Kehamilan menyebabkan berbagai perubahan dalam hidup perempuan, termasuk dalam hal pola makan. Selain harus lebih memperhatikan kebutuhan nutrisi, ada sejumlah makanan yang wajib dihindari ibu hamil seperti jenis sayuran tertentu. Ingin tahu apa saja sayuran yang dilarang untuk ibu hamil? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Sayuran?

Sayuran memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Selain rendah lemak, kalori dan kolesterol, sayuran juga memiliki serat yang dibutuhkan untuk mencegah sembelit pada ibu hamil. Selain itu, sayuran juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk asam folat, yang dibutuhkan untuk mencegah keguguran, cacat tabung saraf dan menurunkan risiko preeklampsia. Oleh karenanya, disarankan untuk mengkonsumsi sayuran secara rutin. 

Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Pada dasarnya semua jenis sayuran baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun, sejumlah sayuran hijau dan beberapa jenis kecambah ternyata tidak dianjurkan karena memiliki risiko terkontaminasi bakteri E. coli. Padahal, bakteri satu ini dapat berakibat fatal bagi ibu hamil seperti memicu keguguran hingga infeksi pada janin. Seperti dikutip dari Medical News Today, 20% infeksi bakteri E.coli disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi termasuk sayuran hijau dan beberapa jenis kecambah. Berikut ini adalah daftarnya:

  • Toge
  • Alfalfa
  • Daun Semanggi
  • Lobak

Selain jenis sayuran di atas, ibu hamil juga dilarang untuk mengkonsumsi sayuran mentah. Alasannya karena sayuran mentah bisa saja terkontaminasi zat kimia berbahaya, baik dari pupuk maupun pestisida, hingga terkontaminasi bakteri yang berbahaya bagi ibu hamil seperti E. coli. Oleh karenanya, pastikan untuk selalu mencuci bersih dan memasak sayuran hingga matang sebelum dikonsumsi ibu hamil.

Sayuran yang Baik untuk Ibu Hamil

Setelah membahas mengenai jenis sayuran yang dilarang untuk ibu hamil, selanjutnya kita akan membahas jenis-jenis sayuran yang memiliki manfaat penting untuk kesehatan janin dan ibu hamil. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Wortel mengandung vitamin A, wortel juga mengandung kalsium, asam folat dan potassium.
  2. Labu mengandung asam folat, serat, potassium, zat besi, vitamin C, vitamin E, magnesium, dan kalsium, yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.
  3. Bayam mengandung asam folat, zat besi, vitamin c dan serat yang tinggi
  4. Tomat mengandung asam folat, potassium, vitamin c dan serat yang tinggi
  5. Paprika Merah mengandung asam folat, vitamin A, vitamin c, serat, dan antioksidan.
  6. Kangkung dapat mencegah diabetes gestasional, anemia, sembelit serta dapat membantu mengatasi insomnia dan mendukung pertumbuhan tulang pada janin.
  7. Kubis kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B6, asam folat, kalsium, zat besi, dan kalium
  8. Asparagus mengandung vitamin K, vitamin A, vitamin C, folat, dan serat yang penting bagi perkembangan janin.
  9. Brokoli mencegah anemia, sembelit, menjaga kesehatan tulang dan mengandung asam folat yang penting untuk mencegah keguguran dan cacat tabung saraf.
  10. Kale mengandung antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, dan flavonoid yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan radikal bebas.

Meskipun pada umumnya semua jenis sayuran yang telah dicuci bersih dan dimasak matang aman untuk dimakan ibu hamil, untuk pencegahan sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter kandungan maupun ahli gizi untuk memastikan terhindar dari infeksi bakteri dan keracunan makanan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan ayah-bunda mengenai topik sayuran yang dilarang untuk ibu hamil.

Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324377#raw-or-undercooked-greens-and-sprouts

https://www.fhcsd.org/prenatal-care/what-to-eat-during-pregnancy/#:~:text=Some%20of%20the%20benefits%20of,spina%20bifida%20during%20fetal%20development)

Artikel Terkait

Lihat Semua