Baby Moon

Pentingnya Babymoon untuk Menjaga Kesehatan Mental Pasangan

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Grace Eugenia Sameve, M.A, M.Psi, Psikolog

Bagi setiap perempuan,masa-masa kehamilan merupakan pengalaman yang luar biasa. Selain diliputi perasaan bahagia, ibu hamil, tak jarang, juga merasa kewalahan dan lelah karena berbagai perubahan yang dialami dalam satu waktu. 

Untuk memastikan kesejahteraan ibu hamil terpelihara, sangatlah disarankan untuk menyediakan waktu melakukan hal yang menyenangkan sekaligus menyegarkan tubuh dan pikiran. Salah satunya dengan babymoon.

Babymoon adalah liburan atau perjalanan relaksasi yang dilakukan pasangan sebelum bayi lahir. Babymoon dapat dilakukan kapan saja. Namun, penting untuk memilih waktu dimana Bunda merasa fit, misalnya di trimester kedua, karena tujuannya adalah agar pasangan bisa beristirahat dan menikmati waktu bersama sebelum mereka memasuki fase baru sebagai orang tua.

Selama babymoon, pasangan dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bersantai di spa, pantai, menikmati waktu romantis bersama di hotel, menjelajah destinasi yang belum pernah dikunjungi berdua.

Manfaat Babymoon

Bagi Ayah Bunda yang ingin tahu apa saja manfaat babymoon bagi ibu hamil, berikut ini penjelasan selengkapnya:

1. Memelihara Kesehatan mental

Babymoon memberikan waktu bagi ayah-bunda untuk bersantai dan menikmati waktu bersama sebelum kelahiran bayi. Momen ini dapat membantu mengurangi stres, rasa lelah dan kecemasan yang mungkin dialami selama kehamilan. Selama babymoon, ibu hamil memiliki waktu untuk beristirahat dengan lebih maksimal. 

2. Mempererat Hubungan

Babymoon bisa mempererat ikatan suami istri karena Ayah Bunda mendapatkan kesempatan menghabiskan waktu untuk saling bercerita, bertukar pikiran, melakukan kegiatan yang disukai serta berefleksi berdua.

3. Waktu Terbaik untuk Menyusun Rencana Setelah Melahirkan

Momen babymoon yang rileks juga dapat digunakan untuk menyusun rencana, misalnya setelah beberapa hari Babymoon bisa mulai membahas pembagian tugas dalam mengasuh bayi, memetakan support system, maupun mengatur ulang prioritas keuangan keluarga.

Tips Menyiapkan Babymoon

Agar babymoon berjalan lancar, ada baiknya untuk mempersiapkan perjalanan dari jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan. Berikut ini sejumlah tips yang dapat diterapkan agar babymoon berjalan lancar dan menyenangkan:

1. Pastikan Kondisi Janin Cukup Kuat

Sebelum babymoon, pastikan kondisi ibu hamil dan janin cukup kuat untuk melakukan perjalanan. Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan perjalanan babymoon.

2. Pilih Destinasi dan Aktivitas yang Tepat

Traveling bisa sangat melelahkan, terlebih bagi ibu hamil. Untuk itu, pastikan memilih destinasi yang dapat dicapai dengan waktu perjalanan yang tidak terlalu lama dan tidak melelahkan untuk ibu hamil. Pilihlah destinasi yang menyediakan aktivitas yang cocok dan aman bagi ibu hamil, seperti staycation sambil mengunjungi spa yang menyediakan perawatan khusus untuk ibu hamil. Sebaiknya, hindari aktivitas yang berat atau tempat yang terlalu ramai.

Kemudian pilih tempat babymoon memiliki fasilitas kesehatan yang memadai seperti rumah sakit, klinik, apotek, dokter atau bidan yang dapat Anda hubungi jika dibutuhkan. Sebab, meskipun ibu hamil sehat, tetap ada risiko terjadinya masalah kesehatan yang memerlukan pertolongan medis.

3. Bawa Barang Secukupnya

Pastikan hanya membawa barang bawaan yang penting. Cari tahu fasilitas yang disediakan agar Ayah Bunda tidak perlu membawa barang-barang yang bisa diperoleh di tempat tujuan. 

Nah, itulah penjelasan mengenai keuntungan babymoon dan tips menyiapkan babymoon agar berlangsung lancar dengan memperhatikan faktor-faktor di atas, ayah-bunda dapat memilih destinasi babymoon yang tepat sehingga kemudian mendapatkan manfaat yang optimal!


Foto: Designed by freepik

Sumber:

https://www.healthline.com/health/pregnancy/babymoon#babymoon-ideas

https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/00472875221125669

Artikel Terkait

Lihat Semua