Susu Ibu Hamil

Rekomendasi Susu Hamil Trimester 1, Nutrisi Penting untuk Janin & Ibu Hamil

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Dinda Derda, Sp.OG

Selama kehamilan, tubuh perempuan membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, serta untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya sendiri. Kebutuhan nutrisi ini bahkan meningkat sangat drastis. Sebagai contoh, jumlah kebutuhan asam folat yang direkomendasikan selama kehamilan adalah 600 mikrogram per hari, sementara untuk perempuan yang tidak hamil, kebutuhan asam folatnya hanya sekitar 400 mikrogram per hari.

Selain itu, kebutuhan zat besi selama kehamilan juga meningkat. Jumlah kebutuhan zat besi yang direkomendasikan selama kehamilan adalah sekitar 27-30 miligram per hari, sedangkan untuk perempuan yang tidak hamil, kebutuhan zat besinya hanya sekitar 18 miligram per hari. Demikian juga dengan kebutuhan kalsium, protein, vitamin D, dan omega-3, semuanya meningkat selama kehamilan dibandingkan dengan perempuan yang tidak hamil.

Oleh karena itu, ibu hamil harus memastikan makanan yang dikonsumsi menyediakan nutrisi yang dibutuhkannya. Susu hamil merupakan salah satu yang direkomendasikan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil. Namun, memilih susu untuk kebutuhan ibu hamil tidak boleh sembarang ya, ayah-bunda. Untuk mempermudah pilihan, artikel ini akan merekomendasikan 5 merek susu yang bisa dipertimbangkan untuk dikonsumsi. Namun, sebelum membahas mengenai pilihan merek susu, ayah-bunda wajib untuk mengetahui apa saja nutrisi penting yang dibutuhkan saat kehamilan trimester 1.

Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1

Berikut ini beberapa di antara nutrisi penting yang dibutuhkan selama trimester pertama kehamilan:

1. Asam Folat

Asam folat adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan pada trimester pertama kehamilan. Asam folat berperan mencegah defek tuba neural (ntp) yang dapat mempengaruhi kesehatan dan fungsi tubuh janin serta menyebabkan kelainan neurologis, cacat fisik, serta masalah kognitif dan perilaku.

2. Zat Besi

Saat hamil, ibu membutuhkan sel darah merah yang sehat agar dapat mengangkut oksigen ke janin dan jaringan tubuhnya sendiri. Untuk itu, zat besi wajib terpenuhi sesuai kebutuhan untuk membentuk sel darah merah tambahan yang dibutuhkan oleh janin terutama dalam pembentukan otak dan menentukan kognitifi. Kebutuhan zat besi mencegah anemia karena zat besi pada ibu hamil.

3. Kalsium

Kalsium sangat penting untuk perkembangan tulang dan gigi bayi. Namun, karena kebutuhan kalsium janin diambil dari cadangan kalsium ibu, maka ibu hamil sering kali mudah merasa pegal dan lelah setiap kali beraktivitas lama, mudah kram dan kesemutan, bahkan mengalami gejala yang mirip seperti pengroposan tulang atau osteoporosis jika kebutuhan kalsiumnya tidak terpenuhi. 

4. Protein

Protein sangat dibutuhkan untuk perkembangan jaringan dan organ bayi. Selain itu, protein juga dibutuhkan ibu hamil untuk pertumbuhan jaringan payudara dan rahim.

5. DHA dan Omega 3

Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan sistem saraf janin. Mencegah peradangan lebih lanjut pada ibu hamil dan menurunkan potensi terjadinya tekanan darah tinggi dalam kehamilan sampai mencegah preeklamsia.

Merek Susu Hamil Trimester 1

Bagi ayah-bunda yang sedang mencari merek susu ibu hamil untuk trimester 1, berikut ini sejumlah merek yang bisa dipertimbangkan:

  • Lovamil

Kelebihan: Mengandung asam folat, vitamin E, zat besi, kalsium, dan diperkaya oleh prebiotik inulin untuk memelihara fungsi saluran cerna dan memaksimalkan tumbuh kembang janin demi memperoleh proses persalinan yang sempurna

  • Vidoran Ibunda

Kelebihan: Susu ibu hamil pertama dengan imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil (minyak hati ikan cod) asam folat, tinggi kalsium, omega 3&6, serta 12 vitamin dan 8 mineral yang dibutuhkan selama kehamilan

  • Sun Ibu

Kelebihan: Diformulasikan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan ibu selama masa kehamilan dengan makro (protein, karbohidrat, lemak) dan mikronutrien (11 vitamin dan 5 mineral), yg mendukung ibu untuk mendapatkan asupan gizi selama kehamilan.

  • Enfamama A+

Kelebihan: Susu ini diformulasikan untuk mendukung kebutuhan nutrisi Ibu selama periode trimester 1 seperti asam folat, kalsium, zat besi dan vitamin C.

  • Lactamil Inisis

Kelebihan: Mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk kehamilan trimester 1 seperti vitamin B6, zat besi, asam folat, omega 6 dan vitamin D.

  • Prenagen Mommy

Kelebihan: Mengandung Nutrisi Makro (karbohidrat, lemak, & protein) dan Nutrisi Mikro (Vitamin & Mineral), serta DHA dan Kalsium dengan jumlah yang tepat dan seimbang sesuai kebutuhan ibu hamil.

  • Anmum Emesa

Kelebihan: Mengandung vitamin B6 dan protein yang teruji secara klinis dapat membantu mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil.

Nah itulah sejumlah merek susu di pasaran yang bisa dikonsumsi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penting. Namun, perlu diingat bahwa susu ibu hamil bukanlah satu-satunya sumber nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Bunda juga harus memperhatikan asupan makanan mereka secara keseluruhan dan memilih makanan yang seimbang dan kaya nutrisi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

Foto: Freepik

Sumber:

https://ods.od.nih.gov/factsheets/Folate-HealthProfessional/

Artikel Terkait

Lihat Semua