Tabungan Emosi, Regulasi Emosi, Sikap Baik, Psikologi Anak

Tabungan Emosi Kunci Utama Sikap "Baik" Si Kecil!

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Tim Expert Psikologi Tentang Anak

Tabungan emosi merupakan rasa percaya si Kecil pada AyBun yang ditandai dengan hubungan yang nyaman dan harmoni.

Tabungan emosi adalah istilah yang digunakan untuk mengajarkan anak-anak tentang bagaimana mengenali, memahami, mengelola, dan mengekspresikan emosi mereka secara sehat dan tepat. 

Mirip dengan tabungan finansial, anak-anak diajarkan untuk menyimpan uang untuk masa depan, tabungan emosi membantu mereka mengumpulkan keterampilan emosional untuk menghadapi tantangan dan situasi yang kompleks sepanjang kehidupan mereka.

Sebagai orang tua, memberikan pendidikan tentang kesehatan emosional kepada anak sangatlah penting untuk membantu mereka tumbuh menjadi individu yang seimbang dan bahagia. 

Salah satu cara yang efektif untuk melakukannya adalah dengan mengajarkan anak tentang "tabungan emosi." 

Konsep ini mirip dengan tabungan finansial, namun fokusnya adalah mengelola perasaan dan emosi untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan mental. 

Artikel ini akan menjelaskan pentingnya tabungan emosi pada anak dan bagaimana mengajarkannya dengan efektif.

Jika tabungan emosi “kurang terisi” si Kecil akan sulit untuk kooperatif, selalu “berulah” di depan AyBun, sampai mudah tantrum.

Bukan hanya itu, tabungan emosi penting untuk meningkatkan Kesejahteraan Mental: Anak-anak yang memiliki keterampilan emosi yang baik cenderung lebih bahagia dan memiliki kesejahteraan mental yang lebih tinggi.

Meningkatkan hubungan sosial, Anak-anak yang bisa mengenali dan mengelola emosi mereka secara positif lebih mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain dengan baik.

Mengurangi tingkat stres, keterampilan mengelola emosi membantu anak-anak mengatasi stres dan tekanan dalam kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan kecerdasan kognitif ketika anak-anak belajar untuk fokus dan menyeimbangkan emosi mereka, mereka cenderung lebih baik dalam belajar dan mencapai prestasi akademik yang lebih baik.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk memenuhi hal tersebut?

3 Hal Penting untuk Dilakukan untuk Memenuhi Tabungan Emosi

1. Hindari distraksi saat quality time dengan si Kecil

Penting untuk AyBun meluangkan waktu khusus 1x30 menit atau 2x20 menit per hari dengan si Kecil tanpa gadget atau urusan lain!

- Meningkatkan kedekatan keluarga

- Membangun rutinitas untuk menghindari tantrum

2. Tunjukan respons yang tenang Ibu tenang sehingga anak ikut (cepat kembali) tenang. 

Sebelum merespons perilaku anak yang tidak menyenangkan, kendalikan emosi diri dengan mengambil napas 3 kali atau minum segelas air.

3. Pahami anak lebih jauh

Lakukan observasi terhadap anak dan tunjukkan pemahaman secara verbal. Adakan permainan “Deskripsikan Aku” dan gunakan huruf untuk menggambarkan karakter anak.

Misal:

B = “Kakak itu selalu “Berani” untuk coba hal baru!”

S = “Adik selalu menebar “Senyum” ke semua orang..”

PENTING! Mengkritik, berteriak, mengingkari janji pada si Kecil dapat terjadi tanpa disengaja hanya dapat “mengurangi” saldo tabungan emosi.

Pastikan AyBun tidak gengsi untuk mengakui kesalahan, minta maaf, dan berubah untuk memperbaiki hubungan dengan anak!

“Maaf ya tadi siang Bunda teriak karena Adik tidak mau makan...” “Kakak kesal ya karena Ayah marah-marah? Nanti kita belajar sabar bersama ya..”

Tabungan emosi adalah keterampilan berharga yang harus diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini. Dengan memperkenalkan konsep ini, kita membantu anak-anak mengenali, memahami, dan mengelola emosinya secara sehat. 

Hal ini memungkinkan mereka untuk tumbuh menjadi individu yang berempati, bijaksana, dan mampu menghadapi tantangan kehidupan dengan kepala tegak. Dalam memberikan pendidikan tentang tabungan emosi, kita memberikan mereka investasi berharga untuk kesejahteraan dan kesuksesan masa depan.

Jadi Ayah Bunda sudah menerapkan apa saja di rumah? Yuk, sampaikan di kolom komentar!

Foto: Freepik

Sumber:

Booth, P.B., Jenrberg, A.M. (2010). Theraplay: Helping Parents & Children Build Better Relationships Thru Attachment-Based Play

Covey, S. R. (2004). The 7 Habits of Highly Effective People

Theraplay Institute (2013). Parenting The Theraplay Way: 214 Engaging, Fun Activities to Create Joyful Connectedness

Wilson, S. (2018). Making Deposits Into Your Child’s Emotional Bank Account. Diakses melalui https://www.leaderinme.org/blog/making-deposits-into-your-childs-emotional-bank-account/

Artikel Terkait

Lihat Semua