tips-hamil-sehat

Tips Hamil Sehat agar Lahirkan Anak Cerdas

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Darrell Fernando, SpOG, MRCOG, MM, MARS, FICS

Tips Hamil Sehat agar Lahirkan Anak Cerdas

Ayah dan Bunda tahukah kalian kalau ternyata perkembangan sosial dan emosional anak yang buruk di 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) berhubungan dengan masalah psikososial di masa depan. Misalnya seperti risiko depresi dan kesepian, penyalahgunaan narkotika, bahkan riminalitas.

Sementara itu, 1000 Hari Pertama Kehidupan anak dihitung sejak anak berada dalam kandungan hingga mencapai usia dua tahun. Pada momen ini, orang tua harus berusaha keras untuk memantau tumbuh kembang anak agar tidak mengalami stunting atau gangguan pertumbuhan yang dapat mempengaruhi perkembangan kognitif (intelegensia) anak.

Studi menunjukkan bahwa kehamilan yang tidak direncanakan dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan anak, perawatan kehamilan, dan gaya parenting orang tua di masa mendatang. Kemudian, pemberian nutrisi, stimulasi, dan perhatian yang kurang optimal juga akan berdampak langsung pada tumbuh kembang anak.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi orang tua untuk menjaga kehamilan sang buah hati dengan sebaik mungkin. Lalu, apa saja yang harus dilakukan bumil agar dapat menjaga kehamilan tetap sehat? Yuk, simak tips hamil sehat di bawah ini!

Tips Menjalani Kehamilan Sehat

1. Tingkatkan kepercayaan diri orang tua

Jika kehamilan tidak direncanakan, maka Ayah dan Bunda perlu mengambil waktu untuk menerima keadaan dan meningkatkan kepercayaan diri Ayah dan Bunda. Jika diperlukan, Ayah dan Bunda juga dapat melakukan konsultasi dengan psikolog/tenaga profesional.

Keyakinan orang tua sehubungan dengan merawat bayi mereka sangat penting untuk beradaptasi menjadi orang tua yang sehat dan mengembangkan hubungan antara  orang tua dan bayi yang positif.

2. Persiapkan kesehatan fisik, mental, dan finansial

Kemudian, Ayah dan Bunda juga perlu mempersiapkan berbagai hal di masa kehamilan. Segera lakukan kontrol kehamilan ke dokter setelah mengetahui masa kehamilan dan diskusikan hal-hal berikut ini:

  • Kesehatan secara umum
  • Kesehatan mental
  • Kondisi kehamilan
  • Pola makan yang sehat
  • Pemeriksaan laboratorium
  • Persiapan persalinan
  • Kontrasepsi pasca melahirkan

Kesehatan fisik ibu sangat penting untuk mengetahui apakah ibu dapat melalui masa kehamilan dengan baik dan adakah perawatan yang dibutuhkan untuk menjaga ibu dan bayinya tetap sehat hingga momen melahirkan. 

Jangan lupa untuk memperhatikan pola makan ibu hamil dengan memberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi. Sehingga ibu dan calon buah hati dapat memiliki gizi yang seimbang dan janin dapat memiliki tumbuh kembang yang baik.

3. Terima dukungan dari pasangan dan keluarga

Selain kesehatan secara umum, kesehatan mental ibu hamil juga sangat penting untuk diperhatikan, khususnya bagi orang-orang di sekitarnya. Karena stres yang menganggu pikiran dan batin ibu hamil dapat mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan.

Oleh sebab itu, ibu hamil membutuhkan support system yang baik untuk menghindari terjadinya stres berat yang didalami ibu. Dukungan dari pasangan, keluarga, dan lingkungan sangat penting untuk menjaga kesehatan mental ibu.

Selain itu, orang tua juga perlu memastikan bahwa anak pertama atau sebelumnya mengetahui ada adik bayi yang akan segera lahir untuk memudahkan proses adaptasi mereka dengan calon adiknya nanti.

Faktor Penyebab Anak Cerdas Berbakat

Sebagai orang tua, tentunya Ayah dan Bunda ingin memiliki anak yang cerdas dan berbakat bukan?

Kecerdasan buah hati umumnya akan dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor genetik atau keturunan.  Sama seperti sifat yang dimiliki manusia lainnya, kecerdasan setiap orang juga akan berbeda-beda. 

Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa kecerdasaran anak akan diwarisi oleh orang tuanya. Namun sebagian besar penelitian menemukan bahwa faktor genetik berperan hanya sekitar 30 sampai 75 persen dalam menentukan kecerdasan anak. Penelitian menunjukkan bahwa faktor lingkungan atau eksternal memiliki peran yang sama pentingnya dalam hal kecerdasan anak. 

Lalu, apa saja yang termasuk ke dalam faktor eksternal? 

Berikut adalah beberapa faktor penyebab anak cerdas berbakat:

1. Nutrisi

Asupan nutrisi pada anak memiliki peranan yang sangatpenting dalam perkembangan otak anak. Alfa laktalbumin, AA dan DHA, kolin, fosfolipid, omega 3 dan 6, dan zat besi adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan si buah hati agar perkembangan otaknya tetap optimal.

Oleh sebab itu, pastikan Ayah dan Bunda memperhatikan asupan makanan si kecil agar anak dapat memiliki nutrisi yang tepat dan bergizi untuk tumbuh kembangnya. 

2. Lingkungan

Lingkungan yang dimaksud di sini adalah tempat anak akan bertumbuh dan berkembang. Ini dapat mencakup tempat tinggal dan lingkungan belajar yang dapat berdampak pada pertumbuhan, kecerdasan, dan bakat anak.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang tinggal di area dengan fasilitas yang baik akan cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi. Sementara lingkungan dengan fasilitas yang terbatas dapat membuat potensi kecerdasan anak menjadi tidak berkembang dengan maksimal.

3. Stimulasi

Faktor penyebab anak cerdas berbakat selanjutnya adalah stimulasi yang diberikan kepada anak sejak dalam masa kehamilan. Interaksi anak dan orang tua di tahun-tahun pertama kehidupannya akan sangat menentukan bagaimana perkembangan kognitif mereka. 

Ada baiknya Ayah dan Bunda sering mengajak si kecil bermain bersama, mengobrol, membacakan ceritan, menonton tayangan yang edukatif, dan melakukan aktivitas lainnya yang dapat merangsang kecerdasaran anak.

Itu dia beberapa tips hamil sehat dan faktor penyebab anak cerdas berbakat yang dapat diterapkan Ayah dan Bunda agar ibu dapat melahirkan anak yang cerdas. Jangan lupa untuk memastikan bahwa Bunda mendapatkan support system yang baik dan asupan gizi yang tepat agar kehamilan Bunda sehat.

Foto: 

www.pexels.com

Sumber:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4437702/

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/33859123/

https://www.scielo.br/j/rlae/a/g8MDTnhJp9Q436bZ7nvvFcm/?format=pdf&lang=en

Ditinjau oleh:

dr. Darrell Fernando, SpOG, MRCOG, MM, MARS, FICS

Artikel Terkait

Lihat Semua